Selasa, 7 September 2010

Salam Aidilfitri

Ramadhan sudah tiba ke penghujungnya. Aidil Fitri menjelang tiba. Ucapan 'Salam Aidilfitri' (dan seumpama dengannya) bersambung-sambung melalui SMS, kad dan web.

Sama-sama kita menyambutnya dengan gembira atas kemenangan perjuangan dan ujian sepanjang ramadhan, dengan pengembalian hati kita kepada fitrah, dengan dekatnya kita kepada status orang bertakwa.

AidilFitri adalah saat-saat umat Islam mensyukuri atas kejayaan mereka melaksanakan ibadah Ramadhan. Hari berbahagia dan bersuka cita. Idul Fitri disebut juga hari pengampunan, sebagaimana riwayat imam Az-Zuhri, ketika datang hari Idul Fitri, maka manusia keluar menuju Allah SWT. Dan Allah kemudian mendatangi mereka seraya berkata: “Wahai hamba-Ku! Karena Aku engkau semua berpuasa, karena Aku engkau semua beribadah. Oleh karena itu, maka pulanglah kalian semua (ke rumah masing-masing) sebagai orang yang telah mendapat ampunan (dari-Ku)”.


Ketika Nabi SAW tiba di Madinah, kaum Anshar memiliki dua hari istimewa, mereka bermain-main di dalamnya, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Allah telah memberi ganti bagi kalian dua hari yang jauh lebih baik, (yaitu) ‘Idul fitri dan ‘Idul Adha” (HR. Ahmad, Abu Daud dan An-Nasa’i dengan sanad hasan).

Hadits ini menunjukkan bahwa menampakkan rasa suka cita di hari Raya adalah sunnah dan disyariatkan. Maka diperkenankan memperluas hari Raya tersebut secara menyeluruh kepada segenap kerabat dengan berbagai hal yang tidak diharamkan yang bisa mendatangkan kesegaran badan dan melegakan jiwa, tetapi tidak menjadikannya lupa untuk taat kepada Allah.

(sebahagian dirujuk dari dakwatuna.com)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan